Minggu, 30 Oktober 2011

Yamaha XEON

TERTARIK motor matik tapi berkekuatan sport? Anda patut mencoba Yamaha Xeon 125 CC. Kakak kandung dari Yamaha Mio dan Soul ini, ternyata mampu menembus kecepatan hingga 115 Km/jam.  Selain agresif, motor teranyar dari Yamaha ini juga mudah untuk bermanuver dan gampang dikendalikan. Namun, yang terpenting adalah matik ini termasuk irit bahan bakar.
Hal itu terbukti ketika diadakannnya Yamaha Fun Touring Xeon di Bali pada akhir pekan lalu, yang diikuti sekitar 30 jurnalis dari Jakarta, termasuk Pos Kota. Di pilihnya Bali sebagai arena touring, tentu mengingat Pulau Dewata adalah salah satu tempat yang paling banyak menggunakan motor jenis matik.
“Xeon memiliki keunggulan tersendiri dari matik para pendahulunya, terutama pada mesin dan fasilitasnya. Yamaha Xeon, mengguna kan mesin terbaru,” kata President Director PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Dyonisius Beti, di sela-sela acara Fun Touring Xeon.
Itu berarti, Yamaha Xeon yang dibandrol Rp15,5 juta (on the road Jakarta), merupakan motor baru, bukan sebagai motor yang hanya sekedar mengganti body,  striping, atau jenis lampunya saja. Maka, tak perlu heran, bila pihak Yamaha optimis motor matik terbaru ini akan mampu menembus angka penjualan 20 ribu unit perbulannya. Saat ini saja, sejak diluncurkan pada akhir April lalu, sudah lebih dari 3000 orang yang inden untuk mendapatkan matik teranyar ini.
Teknologi dan disain Yamaha Xeon merupakan perpaduan dari dua saudaranya, yakni Jupiter MX 125 dan  Mio Soul,  seperti pada dapur pacunya yang mengacu pada teknologi yang sudah diaplikasi di Jupiter MX 135 cc yaitu silinder anti- gores, DiAsil Cylinder.
KEMAMPUAN SPORT
DiAsil Cylincer pada  XEON,  yang dibuat dengan proses cetak bukan sekedar  lapisan (coated),  sehingga tahan terhadap gesekan (aus), dan mempunyai kemampuan pendingin yang baik. Jadi, pemakai Xeon tak perlu terlalu sering melakukan perawatan. DiASil cylinder juga menjaga lapisan oli pada dindingnya secara ideal sehingga konsumsi bahan bakar berkurang, jadi lebih irit konsumsi bahan bakarnya dibandingkan motor sejenis di kelasnya.
Yamaha Xeon juga dilengkapi forged piston yang biasanya digunakan pada motor balap.  XEON menjadi motor matik pertama di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi ini sehingga performanya yang mendukung kinerja mesin berkarakter supersport. Tentunya, ini sangat berpengaruh pada power, lari motor mejadi jauh lebih agresif dan dinamis. Ini tentu sangat tepat, mengingat sasaran utama Xeon adalah pria muda.
Keunggulan lain dari motor ini, menurut Dyonisius, Xeon juga memiliki penambahan bagasi di bawah jok dengan kapasitas paling besar. Ini tentunya menambah keuntungan sendiri bagi konsumen, diantara metik lainnya. Kunci kontaknya dilengkapi key shutter (kunci magnet), untuk membuka penutup lubang kunci, diberi tombol khusus yang berada di sisi kiri lubang kunci tersebut . Bahkan, untuk membuka jok belakang pun dioperasikan melalui kunci kontak “Ini tentu memudahkan pengendara bila akan mengisi bensin tidak perlu melepas kunci kontak.”
Teknologi dan  tampilan mewah pada Yamaha XEON 125 CC, akan menjadi pilihan utama bagi pengendara yang ingin tampil beda. Apalagi slogan  ”Xtraordinary Performance: Powerful, Sporty,  Stylish” sangat pas untuk menggambarkan eksistensi XEON, yang menunjukan Yamaha Xeon, bukanlah matik biasa, tapi matik luar biasa. 





SPESIFIKASI :
Tipe Mesin:4 Langkah, SOHC, Berpendingin Cairan
Diameter Langkah:52,4 x 57,9 mm
Volume Silinder:124 cc
Susunan Silinder:Cylinder Tunggal / Mendatar
Perbandingan Kompresi:10,9 : 1
Power Max:8,05 kW / 8500 rpm
Torsi Max:10,1 Nm / 7000 rpm
Sistem Pelumasan:Basah
Oli Mesin:Total 0,9 Liter Berkala 0,8 Liter
Radiator:-
Karburator:-
Putaran Langsam:-
Saringan udara:-
Transmisi:V-Belt Otomatis
Kopling:Kering, Kopling Sentrifugal
Caster / Trail:-
Rasio Gigi:-
Sistem Starter
:Electric & Kick Starter
Tipe Rangka:Pipa Baja
Suspensi Depan:Teleskopik
Suspensi Belakang:Lengan Ayun, Suspensi Tunggal
Rem Depan:Cakram
Rem Belakang:Tromol
Ban Depan:70 / 90 - 14M/C 38P
Ban Belakang:80 / 90 - 14M/C 44P
Lampu Depan:-
Lampu Sein Depan:-
Lampu Sein Belakang:-
Lampu Rem:-
Beterai:12V, 3.5Ah / YTZ5S
Busi:CR7E (NGK)
Sistem Pengapian:DC C.D.I
Sekring:-
Panjang x Lebar x Tinggi:1850 x 685 x 1050 mm
Tinggi Tempat Duduk:750 mm
Jarak Antar Roda:1260 mm
Jarak Ke Tanah:125 mm
Kapasitas Tangki:-
Berat Isi:103 Kg
Berat Kosong:-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar