Siapa yang nggak kenal Yamaha Mio… Skutik garputala ini sungguh merupakan “tulang punggung” nya YMKI… Ngga ada Yamaha Mio, dunia permotoran di Indonesia bakal kurang ramai… mosokkk ??? Coba flashback ke 4 tahun lalu, tepatnya bulan Maret 2007. Untuk pertamax kalinya, Yamaha mengalahkan Honda dalam penjualan per bulan…
Waktu itu, pada bulan April 2007, AHM langsung brojolin Revo 100cc (motor saya yg sekarang)… Lumayan, berkat Revo, AHM masih bisa melenggang di depan… Eits, pada tahun berikutnya, selanjutnya, hingga tahun 2011, YMKI dengan Mio sebagai andalan utama, bisa menggoyah AHM (sang market leader)…
Well, Mio ini memang kuat… Digencet sana – sini masi aja tetep moncer… Diserang Beat, masih tahan. Diserang Vario, enteng mah… dikepung pakai Spacy plus Scoopy, masi idup tuh… Mantap… Cek hebat’e ??? Ko bisa? Padahal soal fitur udah jelas kalah… Udah masuk bulan ke – 6 tahun 2011, Yamaha Mio pun masih jawara dalam hal penjualan… ckckck
Ngga usa jauh – jauh… dari segi marketing, Yamaha cukup cerdas… Iklan khusus untuk hari Ibu, misalkan. Plus iklan Mio yang sedang free style. Kemudian, dimensinya mungil, sangat cocok digunakan untuk “ngalay” di keramaian kota. Bobotnya yang ringan (jika dibandingkan matic lain) makin memanjakan para wanita (bahkan pria sangar yang biasanya naik RX King sekalipun)… Saya udah coba di jalan yang sama dengan tempat saya ngetestop speed Spacy, Mio bisa tembus 113 km/jam…
Soal modifikasi ??? Nah, ini dia… Mau bore – up alias modif mesin, pilihannya banyak euy… Bahkan bisa sampai 325 cc, mungkin lebih, cmiiw… Soal modif tampilan, dibikin low rider, mothai look, sangat cocok… Sparepart aftermarket plus racingnya buanyak…
Oke, demikian bro opini saya mengenai Mio… Ada tambahan, tanggapan atau sanggahan ??? Monggo dishare via komentar…
SPESIFIKASI :
Tipe Mesin | : | 4 Langkah, SOHC 2-Klep Pendingin Udara AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready |
Diameter Langkah | : | 50.0 x 57.9 mm |
Volume Silinder | : | 113.7 cc |
Susunan Silinder | : | Tunggal |
Perbandingan Kompresi | : | 8.8 : 1 |
Power Max | : | 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm |
Torsi Max | : | 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm |
Sistem Pelumasan | : | Wet Sump |
Oli Mesin | : | 0.9 Liter |
Radiator | : | - |
Karburator | : | NCV24x1 (Keihin) |
Putaran Langsam | : | - |
Saringan udara | : | - |
Transmisi | : | V-Belt Otomatis |
Kopling | : | Kering, Sentrifugal Otomatis |
Caster / Trail | : | 26.5 derajat/ 100 mm |
Rasio Gigi | : | 2.399 - 0.829 |
Sistem Starter | : | Kick & Electric |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar