Sabtu, 29 Oktober 2011

Yamaha MIO

        Siapa yang nggak kenal Yamaha Mio… Skutik garputala ini sungguh merupakan “tulang punggung” nya YMKI… Ngga ada Yamaha Mio, dunia permotoran di Indonesia bakal kurang ramai… mosokkk ??? Coba flashback ke 4 tahun lalu, tepatnya bulan Maret 2007. Untuk pertamax kalinya, Yamaha mengalahkan Honda dalam penjualan per bulan…
      Waktu itu, pada bulan April 2007, AHM langsung brojolin Revo 100cc (motor saya yg sekarang)… Lumayan, berkat Revo, AHM masih bisa melenggang di depan… Eits, pada tahun berikutnya, selanjutnya, hingga tahun 2011, YMKI dengan Mio sebagai andalan utama, bisa menggoyah AHM (sang market leader)…
      Well, Mio ini memang kuat… Digencet sana – sini masi aja tetep moncer… Diserang Beat, masih tahan. Diserang Vario, enteng mah… dikepung pakai Spacy plus Scoopy, masi idup tuh… Mantap… Cek hebat’e ??? Ko bisa? Padahal soal fitur udah jelas kalah…  Udah masuk bulan ke – 6 tahun 2011, Yamaha Mio pun masih jawara dalam hal penjualan… ckckck
Ngga usa jauh – jauh… dari segi marketing, Yamaha cukup cerdas… Iklan khusus untuk hari Ibu, misalkan. Plus iklan Mio yang sedang free style. Kemudian, dimensinya mungil, sangat cocok digunakan untuk “ngalay” di keramaian kota. Bobotnya yang ringan (jika dibandingkan matic lain) makin memanjakan para wanita (bahkan pria sangar yang biasanya naik RX King sekalipun)… Saya udah coba di jalan yang sama dengan tempat saya ngetestop speed Spacy, Mio bisa tembus 113 km/jam…
Soal modifikasi ??? Nah, ini dia… Mau bore – up alias modif mesin, pilihannya banyak euy… Bahkan bisa sampai 325 cc, mungkin lebih, cmiiw… Soal modif tampilan, dibikin low rider, mothai look, sangat cocok… Sparepart aftermarket plus racingnya buanyak… 
Oke, demikian bro opini saya mengenai Mio… Ada tambahan, tanggapan atau sanggahan ??? Monggo dishare via komentar… 



SPESIFIKASI :
Tipe Mesin:4 Langkah, SOHC 2-Klep Pendingin Udara AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready
Diameter Langkah:50.0 x 57.9 mm
Volume Silinder:113.7 cc
Susunan Silinder:Tunggal
Perbandingan Kompresi:8.8 : 1
Power Max:6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
Torsi Max:7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm
Sistem Pelumasan:Wet Sump
Oli Mesin:0.9 Liter
Radiator:-
Karburator:NCV24x1 (Keihin)
Putaran Langsam:-
Saringan udara:-
Transmisi:V-Belt Otomatis
Kopling:Kering, Sentrifugal Otomatis
Caster / Trail:26.5 derajat/ 100 mm
Rasio Gigi:2.399 - 0.829
Sistem Starter:Kick & Electric

Tipe Rangka:Steel Tube
Suspensi Depan:Teleskopik
Suspensi Belakang:Teleskopik
Rem Depan:Hydraulic Single Disc
Rem Belakang:Drum
Ban Depan:70/90-14MC 34P
Ban Belakang:80/90-14MC 34P
Lampu Depan:-
Lampu Sein Depan:-
Lampu Sein Belakang:-
Lampu Rem:-
Beterai:-
Busi:-
Sistem Pengapian:DC-CDI
Sekring:-
Panjang x Lebar x Tinggi:1,820 x 675 x 1,050 mm
Tinggi Tempat Duduk:745 mm
Jarak Antar Roda:1,240 mm
Jarak Ke Tanah:130 mm
Kapasitas Tangki:3,7 Liter
Berat Isi:-
Berat Kosong:87 Kg




                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar